Apa Yang Dimaksud Dengan Endurance ? Berikut ini Penjelasannya Secara Lengkap !

Endurance – Kebugaran jasmani itu harus dijaga dan dipertahankan. Apabila kita sehat otomatis jasmani kita akan ikut menjadi kuat. Maka dari itu kita harus mampu untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari dengan sehat dan lancar. Seorang yang memiliki tingkat kesegaran jasmani yang baik akan melakukan segala kegiatan dengan maximal , di sisi lain tidak hanya itu tetapi nilai positifnya tidak mengalami kelelahan fisik yang terlalu berlebihan yang berarti.

Yang dimaksud dengan Endurance ( Daya Tahan) adalah kemampuan atau potensi kepada rasa lelah untuk melakukan Recovery ( pemulihan kembali) dari rasa lelah tersebut. Seseorang yang memiliki daya tahan yang baik dapat melakukan semua pekerjaan dengan lancar tanpa ada kendala.

Lebih singkatnya pengertian dari endurance yaitu kemampuan dari makhluk hidup untuk dirinya sendiri agar tetap hidup dalam jangka waktu yang cukup lama . Bisa dikatakan, endurance atau daya tahan tubuh ialah kemampuan seseorang untuk melakukan gerak dengan seluruh tubuhnya dengan tempo dan frekuensi sedang hingga cepat tanpa ada rasa sakit yang dirasakan.

Seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh yang baik bisa menjadi modal utama untuk meningkatkan kemampuan dari berbagai cabang olahraga dalam waktu jangka panjang.

Kunci dari daya tahan tubuh yaitu pengendalian oksigen yang tubuh perlu oksigen sebagai bahan tambahan untuk membuat energi. Oksigen itu sendiri harus secara terus di hirup atau disalurkan ke seluruh organ tubuh. Setiap cabang olahraga pasti memerlukan energi dalam jumlah yang banyak karena kalau kurang bisa memberikan dampak kurang baik atau bahaya. Daya tahan tubuh (endurance) juga bisa dilatih dengan menggunakan sistem test , yaitu dengan cara test V02MAX karena bisa dilihat dari hasilnya.

 

Manfaat Untuk Melatih Endurance

 

       1. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi dan hipotensi atau tekanan darah rendah. Kedua jenis tekanan darah tersebut mempunyai fungsi masing – masing.

Tekanan darah tinggi biasa disebut dengan hipertensi terjadi ketika darah yang mengalir mendorong dengan kuat pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan jantung harus bekerja sangat keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kalau seperti itu dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

       2.  Dapat Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Dengan melihat daya tahan tubuh kita sama dengan dapat meningkatkan kebugaran jasmani diri sendiri. Hal itu dapat dilakukan dengan cara latihan untuk bisa melatih endurance.Contohnya dengan kita melakukan hal kecil seperti jogging , lari ringan dan lain-lain itu dapat meningkatkan hormon positif terhadap tubuh kita juga meningkatkan rasa nafsu makan yang baik.

 

       3. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Yang dimaksud disini bukan berarti yang suka atau hobby olahraga tidak bisa terkena penyakit jantung tidak seperti itu konsepnya , tetapi disini lebih meminimalisir agar mengurangi ke hal tersebut.

 

ADA BEBERAPA CARA UNTUK MELATIH ENDURANCE

Endurance atau juga disebut dengan daya tahan tubuh itu bisa dilakukan dan ditingkatkan dengan cara melakukan berbagai macam latihan fisik. Tidak harus dengan yang sulit bisa jadi dengan cara yang mudah tetapi bisa membuat kita sehat dan bugar untuk badan kita. Olahraga yang tepat dan benar dapat menjadikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Lalu apa saja bentuk latihan fisik yang tepat untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita ?

 

         1. Jogging atau Lari Ringan

Jogging atau lari ringan itu merupakan suatu olahraga yang dikategorikan ke yang ringan, karena semua orang dapat melakukan itu disaat kapan pun dan dimana pun tempatnya. Jogging atau lari ringan bisa dilakukan dalam waktu 15-30 menit sehari. Kalaupun mau menambah waktu atau intensitas tidak masalah , itu malah lebih baik karena semakin lama hasilnya juga baik tetapi juga harus diperhatikan untuk kondisi kita. Sementara lari jarak jauh atau biasa disebut juga dengan marathon dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kardiovaskular.

 

          2. Circuit Training

Circuit training yaitu sebuah latihan yang dilakukan dengan cara membuat beberapa pos pada latihan. Pada tiap-tiap pos itu mempunyai satu bentuk latihan dengan memiliki tujuan serta fungsi yang berbeda – beda. Untuk tujuan utamanya dari latihan ini yaitu untuk mengombinasikan atau memadupadankan dengan cara satu dengan cara yang lain , agar dapat lebih meningkatkan komponen fisik pada badan.

 

           3.Renang

Renang adalah olahraga ini salah satu yang cukup digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa, karena dirasa dapat merefresh pikiran juga dapat menyehatkan untuk tubuh. Disisi lain juga banyak manfaat yang di dapat dari olahraga renang, salah satunya meningkatkan stamina tubuh, menyehatkan jantung juga banyak lagi. Disaat kita berenang juga badan bekerja untuk melawan air disini juga melatih otot tubuh kita.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *