Apa Yang Dimaksud Dengan Sekolah Adiwiyata

Sekolah Adiwiyata – Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menerapkan cinta atau peduli terhadap lingkungan. Sekolah Adiwiyata itu sendiri memiliki tujuan untuk mengajarkan terhadap warga sekolah menjadi bersih sehingga dapat bertanggung jawab memelihara lingkungan.

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “Adi” dan “Wiyata”. dari kata Adi yang mempunyai makna atau arti : agung, besar atau baik. Demikian dengan Wiyata yang mempunyai makna : tempat dimana seorang itu mendapatkan ilmu , norma dan etika. Adiwiyata itu sendiri dapat diartikan sebagai segala ilmu pengetahuan dan dari berbagai etika yang menjadi dasar manusia untuk menyejahterakan hidup.

 

Adiwiyata sebagai Pendidikan Lingkungan Hidup

 

Lingkungan yang dikatakan bersih dan sehat itu tentunya dapat menjadi dambaan semua instansi pendidikan dimana pun tempatnya. . Lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman juga sangatlah mencerminkan warga sekolah dan unsur pimpinan sekolah bahkan sampai wali siswa. Semua akan menjadi tanggung jawab bersama agar dapat menjadikan terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman.

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) menjadi upaya untuk menjadikan perilaku dilakukan dari berbagai pihak dan dari kesadaran masyarakat itu sendiri terkait nilai lingkungan.Pada akhirnya dapat digerakkan masyarakat agar dapat berperan aktif kedalam kegiatan tersebut.

 

Inilah Prinsip Dasar Dari Program Adiwiyata

 

      1. Berkelanjutan

Dalam kegiatan ini  juga dilaksanakan dengan yang tertata rapi agar dapat menciptakan program yang baik dan mendapatkan progres yang maximal.

 

2. Partisipatif

Dalam instansi sekolah bisa terlibat kedalam manjemen yang dapat meliputi beberapa aspek yaitu dari keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

 

Adapun Komponen dalam Adiwiyata

Agar bisa mencapai tujuan Adiwiyata ada beberapa komponen kedalam program yaitu sebagai berikut :

1. Pengelolahan sarana dan prasarana

2.  Kebijakan yang berwawasan

3. Kegiatan lingkungan yang berbasis partisipasif

4. Pelaksanaan kurikulum yang berbasis lingkungan

 

Ada beberapa konsep dari 5 R kedalam lingkungan untuk dapat menjadikan Adiwiyata berhasil.

Dari konsep 5 R itu sendiri berasal dari 5 kata kedalam bahasa Inggris yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan kembali), Recycle (Mendaur Ulang), Replace (Menggunakan kembali) dan Replant (Menanam Kembali).

 

       1. Replant

Replant atau penamanan kembali adalah kegiatan ini dilakukan untuk penanaman kembali agar menjadikan lebih indah. Contohnya pembuatan pupuk kompos dan berkebun. Dengan kita menanam pohon, lingkungan bisa menjadi indah dan asri dan bisa membantu pengauran suhu pada tingkat lingkungan mikro.

       2. Replace

Replace adalah kegiatan mengganti penggunaan dari suatu barang untuk memakai barang alernatif yang sifatnya ke yang lebih ramah lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan seorang yang mempercepat produksi sampah.

        3. Recycle

Recycle adalah kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang. Pada dasarnya kegiatan ini sangatlah bermanfaat untuk barang bekas , sehingga dengan cara mengolah kembali untuk mendapatkanhasil yang bisa digunakan lagi menjadi barang yang baik.

        4. Reuse

penggunaan kembali adalah kegiatan ini menggunakan barang kembali material atau bahan yang masih layak pakai.

        5. Reduce

Pengurangan adalah kegiatan yang mengurangi pemakaian barang produksi sampah agar tidak dapat melakukan pola penggunaan yang berlebih.

Jenis – Jenis Penghargaan Adiwiyata

Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan untuk sekolah yang telah lolos melaksanakan gerakan PBLHS (peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah), yaitu ada beberapa gabungan dari sukarela, jejaring sosial, dan hidup berkelanjutan.  Adapun jenis dari penghargaan Adiwiyata yang diberikan oleh pemerintah adalah sebagai berikut :

 

1.  Penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota penghargaan yang diberikan oleh Bupati/Walikota.

2. Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi ialah suatu penghargaan yang diberikan oleh Gubernur.

3. Penghargaan Adiwiyata Nasional yaitu suatu penghargaan yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan.

4. Penghargaan Adiwiyata Mandiri ialah suatu penghargaan khusus bagi tiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, juga penghargaan yang diberikan oleh Presiden.

 

Tujuan dan manfaat

Program Adiwiyata dapat terbukti untuk menciptakan sekolah yang dikatakan cukup nyaman, aman dan sehat juga khususnya untuk kebutuhan belajar para  murid, pengajar dan warga sekitar sekolah.  Peserta didik akan dapat perlahan menjadi generasi yang peduli akan lingkungan.

Demikianlah mengenai dari Program Adiwiyata bukan hanya tentang penghargaan tetapi juga kegiatan inidapat membentuk diri anak untuk mendidik generasi muda agar lebih peduli kepada lingkungan sekitar. Kalau bukan dari kita sendiri lalu siapa yang mau menjaga bumi kita !

 

 

 

 

 

2 Replies to “Apa Yang Dimaksud Dengan Sekolah Adiwiyata”

  1. Benar bahwa Program Adiwiyata dapat terbukti untuk menciptakan sekolah yang dikatakan cukup nyaman, aman dan sehat juga khususnya untuk kebutuhan belajar para murid, pengajar dan warga sekitar sekolah. Peserta didik akan dapat perlahan menjadi generasi yang peduli akan lingkungan.

    Artikel yang sangat bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *